Wednesday, March 29, 2017

Ini Dia Fungsi Kapasitor Hanya di PemalasBerat blogspot com

Ini Dia Fungsi Kapasitor Hanya di PemalasBerat blogspot com


Fungsi kapasitor pada dasarnya adalah sebagai penyimpan muatan listrik dalam jangka waktu tertentu namun fungsi umum dari kapasitor tidak terbatas sebagai penyimpan muatan listrik saja dan secara luas fungsi kapasitor juga tergantung karakteristik dari setiap bagian-bagian pada rangkaian elektronika.

Fungsi lain dari kapasitor adalah sebagai filter/penyaring frekuensi, sebagai kopling, dan lain sebagainya, fungsi kapasitor sebagai filter/penyaring frekuensi biasanya di gunakan dalam rangkaian osilator, pemancar radio, penerima radio, dan lain-lain.



Kapasitor - www.divaizz.com


Sedangkan komponen kapasitor yang berfungsi sebagai kopling biasanya sering di gunakan maupun di jumpai pada rangkaian power amplifier yang mana komponen kapasitor berkinerja untuk kopling pada output power amplifier dan juga power supply atau juga sebagai penghubung antar rangkaian tersebut. Bentuk serta ukuran kapasitor sendiri bermacam-macam dan tergantung dari kapasitas masing-masing kapasitor, secara umum kapasitor biasa disebut sebagai kondensator.


Pada dasarnya kapasitor terbuat dari dua buah lempengan logam yang bersejajar, di antara lempengan tembaga tersebut terdapat dielektrik atau bahan isolator dan dielektrik ini lah yang mempengaruhi nilai kapasitas dari kapasitor, ada beberapa bahan dielektrik yang di gunakan untuk komponen kapasitor ini yang di antaranya dari bahan kertas, udara, keramik, gelas, metal film, vakum, dan lain-lain.

Secara garis besar fungsi kapsitor bermacam-macam dan meliputi sebagai berikut.


  • Kapasitor sebagai filter/penyaring.
  • Kapasitor sebagai kopling.
  • Kapasitor sebagai penghemat listrik.
  • Kapasitor sebagai peredam noise.
  • Kapasitor sebagai pengaman kejutan listrik, dan lain-lain.

Demikian pembahasan kali ini tentang fungsi kapasitor atau fungsi kondensator semoga dapat menambah wawasan kita khususnya dalam bidan elektronika dan semoga bermanfaat

Available link for download