Friday, September 30, 2016

INFO CPU Tweak Mengenal Jenis Governor

INFO CPU Tweak Mengenal Jenis Governor


Buat yg suka uprek cpu pakai aplikasi tweak cpu, pasti sering liat setiing Governor. Karena ga ngerti, akhirnya didiemin aja, hehehe.. paling main di speed clock. Kenali tipe Gov dan anda akan menjadi master jedi buat hh anda.. lol :D

Oke ini penjelasan dari masing2 tipe governor yg tersedia di stock Lotus II.

On demand
Ketika baru beli hh, inilah set gov default bawaan pabrik. Tipe gov ini sejenis wuss langsung clock ke top speed, biar cuma kesenggol layar aja. Baru kemudian pelan-pelan diturunkan sesuai dengan aktifitas user.

Pabrikan buat set default gov ke On Demand ini biar hh terasa kenceng, responsif, tapi sayangnya konsumsi batere ga di dipikirkan. Akhirnya terjadilah batere boros karena posisi clock speed yg rata2 tinggi padahal cuma buat liat jam aja. Atau cek sms, atau liat email.

Performance
Nah, buat yg suka test2 pake antutu atau main gim HD, silakan pake gov ini. Karena clock speed akan terjaga di max. Ga akan turun2. Walau layar dimatikan sekalipun. Artinya kestabilan penuh buat test. Dan pastinya akan dapat score tertinggi yg dimungkinkan hh kita. Masalah batere ya gasah tanya lagi jelas boros. Hehehe..

Powersave
Nah ini kondisi paling irit batere, yaitu kebalikan dari Performance. Gov ini akan menjaga clock speed di minimal. Kalo batere udah mulai tiris, buru2 ganti aja ke mode ini, lumayan bisa ganjel sampe ketemu charger lagi.

Conservative
Mode gov ini ya sesuai namanya, konservatif. Jadi clock cpu pelan2 akan dinaikkan kalau beban processor (CPU load) dah mulai berat. Jadi umpamanya baru nyalain, clock speed di 200mhz dulu, terus sesuai aktifitas kita, umpama banyak multi tasking, ketika beban bertambah, clock speed juga disesuaikan naik.. naik.. terus sampai max. Ini salah satu mode irit batere yg direkomendasikan buat keperluan sehari-hari. Cuma waktu buat launcher ya gitulah kadang agak lag-lag dikit. Jamak aja. Tetapi karena ini quad core, ga gitu terasa sih. Tapi yang suka ziiing.. ziiing.. baiknya pake mode berikut..

Interactive
Cara kerjanya mirip on demand. Clock speed akan dinaikkan, tapi tidak ke max, disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tapi karena prosesnya sangat (in between) perpindahannya clock speednya, kita merasanya sangat responsif. Clock speed akan bertahan lebih lama tidak langsung ke maksimal seperti on demand. Umpama aktifitas kita akhirnya tercapai clock speed 600mhz, pada kurun waktu tertentu akan terus terjaga pada clock speed tersebut, sampai kita melakukan aktifas lain (multi task) yang butuh kecepatan lebih tinggi lagi, dan dipertahakan lagi clock speednya pada waktu tertentu, untuk kemudian perlahan diturunkan lagi sampai minimal kalau kita tidak melakukan aktifitas apa2. Disisi user kita merasa hh ini menjadi responsif dan batere juga jauh lebih irit dibanding On Demand.

Yang lainnya ya seperti User Interactive nanti akan saya buatkan tutorialnya khusus.

Nah, silakan gunakan governor sesuai dengan pola pakai kita.


Available link for download